Selasa, 08 Februari 2011

Woww Ternayta Gaji Dirut BRI Lebih Besar dari RI 1

Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Sofyan Basir mengakui gaji yang diterimanya sebagai pejabat bank BUMN memang cukup besar. Namun Ia menegaskan gaji yang diterimanya tersebut masih dibawah bank-bank swasta lain.

"Memang betul gaji kami besar memang Menteri BUMN menyetarakan gaji dengan industri tetapi kami tetap saja dibawah perbankan swasta nasional," ujar Sofyan dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi XI DPR-RI di Gedung DPR-RI, Senayan, Senin malam (7/2/2011).

Menurut Sofyan, BRI membayar gaji seluruh karyawan hingga Direksi dan Komisarisnya mencapai Rp 8 triliun per tahunnya. Tingginya gaji tersebut, sambung Sofyan dirasa sangat seimbang dengan pekerjaan sebagai seorang bankir.

"Karena memang industri kami (perbankan) berbeda, kami memang mencari tidak seperti misalkan menjual barang atau menjual hasil alam kami memang mencari dari debitur ke debitur, nasabah ke nasabah menciptakan produk, inovasi dan kreasi menarik dana masyarkat dan menyalurkan kredit. Dari situ kami ambil keuntungan," tuturnya.

Berdasarkan data yang diterima wartawan di Komisi XI, gaji Direktur Utama Bank BRI mencapai Rp 167 juta. Kemudian untuk Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk besaran gaji yang diterima mencapai Rp 166 juta. Besaran gaji para bankir tersebut memang jauh diatas Presiden RI yang sebagai Kepala Negara dimana bergaji sebesar Rp 62,74 juta.

Belakangan gaji para bankir menjadi perhatian karena Bank Indonesia (BI) mengimbau kepada industri perbankan untuk tidak jor-joran memberikan gaji dan bonus yang besar. Bank sentral meminta untuk bank memikirkan urusan permodalan dibanding pemberian gaji yang besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar