Senin, 28 Februari 2011

Jumlah Penonton Bundesliga No.1 di Dunia. Bagaimana dengan ISL?

Postingan sebelumnya yang mengukur pendapatan klub-klub Eropa, memunculkan tiga klub Inggris di ranking 5 besar dalam hal pendapatan tiket. Namun ternyata, liga yang stadionnya paling ramai adalah Bundesliga.

gambar suporter stadion

Pada tahun 1960an hingga 1980an, rata-rata jumlah kehadiran penonton di stadion klub-klub Jerman berkisar antara 5-7 juta orang per musim.

Sejak negara Jerman bersatu, situasi mulai berubah. Mulai musim 1989/90, rata-rata jumlah penonton terus meningkat hingga sekarang mencapai 13 juta orang per musim. Jika dilihat per pertandingan, rata-rata ada 41.000 suporter yang datang ke stadion dalam tiap pertandingan.

Angka 41.000 penonton per pertandingan pada musim 2009/10 di Bundesliga, menjadikannya sebagai liga terbesar no. 2 di dunia. Dalam hal kompetisi olahraga profesional yang paling banyak dihadiri penonton, Bundesliga hanya kalah dari NFL (67.000)

data penonton di stadion

Artinya, Bundesliga adalah yang terbesar untuk cabang sepakbola. Liga Inggris (EPL) yang stadionnya sering kita lihat penuh, ternyata masih kalah jauh (rata-rata hanya 34.000 penonton di stadion per pertandingan).

Jika melihat data rata-rata jumlah penonton berdasarkan klub, secara kasar dapat disimpulkan bahwa hanya klub-klub besar di Liga Inggris dan Liga Spanyol yang stadionnya sering penuh. Sementara di Jerman lebih merata. Tidak peduli dengan prestasi terkini, orang-orang Jerman lebih loyal dengan terus hadir ke stadion.

Lihat daftar 30 besar klub Eropa, berdasarkan tingkat kehadiran penonton:

30 besar klub yang stadionnya paling 
penuh
** Klik untuk melihat gambar lebih besar

Dari daftar 30 besar, hampir separuh klub Jerman ada diantaranya (12 klub). Cologne, Frankfurt, hingga Borussia Moenchengladbach yang kualitasnya sangat medioker pun punya banyak penonton di stadion. Jadi, orang-orang Jerman memang fanatik dengan klub-klub lokalnya.

Bagaimana dengan Liga Indonesia?
Bukankah kita sering merasa punya basis suporter fanatik?

Dari evaluasi jumlah penonton ISL 2009/10, rata-rata jumlah penonton tertinggi adalah Persija (22.908 orang), diikuti Arema (21.724) dan Persipura (20.068). Namun di Indonesia memang hanya klub-klub besar yang pertandingannya banyak dihadiri penonton. Tercatat separuh klub ISL rata-rata hanya ditonton 5000-7000 orang saja.

Jika diambil rata-rata dalam satu liga, angkanya menjadi relatif rendah. Lihat lebih lengkap di website wearemania, evaluasinya mantap di situ.

Source: http://www.sepaxbola.info/2011/02/jumlah-penonton-bundesliga-no1-di-dunia.html#ixzz1FFdDzlwj
Blog Sepakbola | www.sepaxbola.info

Tidak ada komentar:

Posting Komentar