Senin, 28 Februari 2011

Siapa Pengimpor Pemain Terbesar?

Negara mana yang paling banyak memakai pemain asing? Tidak salah jika Liga Inggris dikatakan sangat bergantung pada pemain impor. Mereka ada di urutan no. 2, hanya kalah dari Siprus!

pemain asing di liga Eropa

Grafik presentase dan jumlah pemain asing liga-liga Eropa di atas, diambil dari website The Economist, berdasarkan laporan yang dirilis Professional Football Players Observatory.

Siprus adalah importir pemain sepakbola terbesar: 72,3% pemain yang berlaga di Liga Siprus adalah orang asing. Tapi Siprus adalah sebuah negeri kecil, populasinya tidak sampai 1 juta jiwa. Jadi bisa saja mereka memang kekurangan pemain lokal untuk menjalankan kompetisi. Meski masih ada juga negara yang lebih kecil dari Siprus tapi nyaris tidak punya pemain asing.
(baca juga: Liga Terkecil di Dunia)

Kroasia dan Serbia (negara pecahan Yugoslavia) memiliki kasus yang berbeda. Keduanya memiliki jumlah pemain asing yang relatif sedikit (18% dan 11.5%), yang mungkin terjadi karena isolasi dari sebagian negara Eropa lainnya.

Namun ukuran negara sepertinya tidak berpengaruh terhadap jumlah pemain impor. Inggris dan Prancis, dua negara dengan populasi yang hampir sama, memiliki jumlah pemain asing yang sangat berbeda. Inggris 58.4% dan Prancis 29.5%.  Liga Inggris menjadi liga top Eropa dengan pemain asing terbanyak.

Pada grafik, warna biru muda menunjukkan pemain impor Inggris dari wilayah Britania Raya (United Kingdom). Ini berarti, pemain asing Inggris yang berasal dari luar UK sebetulnya kurang 50%.

Liga Spanyol banyak memakai pemain lokal (62,1%), tapi tidak ditunjukkan apakah para pemain lokal ini lebih banyak berstatus sebagai starter atau hanya cadangan.

Siapa Eksportir Terbesar?
The Economist juga menyebutkan negara yang paling banyak mengekspor pemainnya. Kita tidak akan kaget jika Brazil menempati urutan pertama. Di liga-liga utama negara Eropa, ada 577 orang pemain Brazil yang tersebar memamerkan skillnya.

Negara Eropa yang paling banyak mengekspor pemain adalah Prancis. Sebanyak 261 pemain Prancis tersebar ke segala penjuru Eropa. Wajar jika angkanya besar, karena banyak pemain sepakbola Afrika seperti Senegal, Pantai Gading, dst. juga memiliki status kewarganegaraan Prancis gara-gara sejarah kedekatan masa lampau.

Pengaruh bahasa
Persebaran pemain antarnegara di Eropa, cukup dekat kaitannya dengan masalah bahasa. Sebagian besar pemain Brazil bermain di Portugal, seperti halnya sebagian besar pemain Argentina yang bermain di Spanyol. Karena bahasa yang sama, banyak pula pemain Rusia di Belarus, pemain Jerman di Austria, dan pemain Swedia di Denmark.

Yang mengherankan, Inggris yang bahasanya dipakai sebagai bahasa internasional, nyatanya 'tidak mampu menjajah Eropa'.

Source: http://www.sepaxbola.info/2011/02/siapa-pengimpor-pemain-terbesar.html#ixzz1FFc5XxMR
Blog Sepakbola | www.sepaxbola.info

Tidak ada komentar:

Posting Komentar